Indonesia negara maritim dengan berjejernya aneka pulau. Tahukah kamu ternyata Indonesia memiliki sosok siluman bawah air lho ? Sosok siluman yang dimaksud merupakan salah satu jenis persenjataan kemiliteran yang punya kemampuan luarbiasa.
Sebelumnya , siluman bawah air yang disebut dengan nama Combat boat X38
ini adalah milik Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL yang katanya
terbilang spesial dibanding unit tempur TNI lainnya.
Combat boat X38 ini merupakan senjata yang mampu menyelam dengan
kualifikasi khusus. Selain Combat boat X38, TNI AL juga memiliki senjata
APS dan alat selam close circuit, dalam menunjang misi senyap di bawah
air, satuan elit ini juga punya wahana transportasi bawah air yang
terbilang sangat khas.
Namun seiring berjalannya waktu , TNI AL kembali merilis siluman bawah
air terbaru yang kemampuannya jauh lebih luarbiasa yang disebut dengan
nama SEAL Carrier.
Siluman air SEAL Carrier bisa dibilang paling sangar, desain alutsista
buatan Defence Consulting Europe AB, Swedia yang lebih menyerupai
rancangan kapal selam mini dengan balutan warna hitam, lengkap dengan
dua buah sirip pada bagian depan.
Perlu untuk diketahui juga jika SEAL Carrier ini bisa menjadi wahana
khusus untuk misi infiltrasi melalui bawah permukaan dengan sasaran
khusus berupa dermaga laut, kapal perang, dan misi anti pembajakan.
Kemampuan hebat yang dimiliki SEAL Carrier ini diantaranya mampu
menyelam hingga kedalaman 40 meter dengan kecepatan 3 – 4 knots. Saat
menyelam, SEAL Carrier mengandalkan dua propeller dengan tenaga baterai
25kWh. Jenis baterai pemasok tenaga mengadopsi jenis lithium polymer.
Hebatnya, selain bisa melaju di bawah air, SEAL Carrier dapat melaju
dengan kecepatan tinggi di permukaan, ibarat speed boat, SEAL Carrier di
atas permukaan air dapat melaju hingga 30 knots. Pada saat melaju di
permukaan, sumber tenaga beralih ke dua unit mesin diesel Rolls Royce
FF270 water jet yang menghasilkan tenaga 350HP.
Bahkan untuk keseluruhan , SEAL Carrier dapat beroperasi dalam tiga mode
yang berbeda, yaitu di permukaan, setengah tenggelam, dan melaju di
bawah permukaan air, seperti halnya kapal selam. Saat menyelam, kapal
akan dibanjiri air dengan membuka katup di bagian bawah lambung.
Sementara pada moda setengah tenggelam, wastafel kapal menjadi sebuah
tempat setengah terendam air. Moda setengah tenggelam di definisikan
sebagai titik ketika kapal masih memiliki udara dalam tangki ballast
saat dibanjiri air.
Dan sistem operasi yang dilakukan SEAL Carrier ini tidak sembarangan ,
SEAL Carrier harus dioperasikan oleh dua operator (pilot dan copilot)
yang memahami tentang olah gerak kapal di bawah permukaan dan atas
permukaan. Setiap operator dan penyelam tempur harus sudah siap dengan
kelengkapan alat selam ketika menaiki SEAL Carrier, baik alat selam open
dan close circuit yang tidak menimbulkan gelembung udara. Dari segi
kapasitas angkut, siluman ini dapat membawa 6 personel pasukan katak
yang siap tempur.
SEAL Carrier pertama kali sosoknya terlihat saat defile HUT TNI ke-68
bulan Oktober silam. Dan, lima hari setelah HUT TNI, satuan Kopaska
Armabar melaksanakan uji coba wahana ini. Kapal saat uji coba diawaki
dua teknisi dari Swedia dan empat personel Kopaska. Di Asia, baru
Indonesia yang memiliki SEAL Carrier, sementara di negara asalnya, SEAL
Carrier ditempatkan di Resimen Marinir I di Berga Naval Base.
Sumber: http://inafeed.com/9296/ini-dia-siluman-bawah-air-milik-kopaska-tni-al-canggih-banget/